Checklist Kelengkapan Ramadhan

Beberapa hari sebelum Ramadhan lalu menerima broadcast ini dari seorang teman di group WhatsApp. Kalau melihat apa-apa saja yang perlu dipersiapkan, mestinya ini tidak hanya dilakukan di bulan Ramadhan tetapi juga di 11 bulan lainnya. Karena inilah yang dinamakan rencana kerja atau rencana kegiatan kita setiap hari, dan kalau bisa dilaksanakan sepanjang tahun bisa menjadikan kita terbiasa dan mengubah karakter kita menjadi semakin baik.

Berikut ini broadcast yang saya terima :

Ikhwahtifillah….. Insya Allah kurang lebih 4 hari lagi kita akan memasuki Ramadhan. Semoga Allah sampaikan kita ke dalam Ramadhan dalam kondisi yang baik dan siap untuk mentarqiyah diri dalam banyak hal. Aamiin.

Di antara ikhtiar yang perlu kita lakukan untuk memastikan kita bisa memasuki Ramadhan dalam kondisi prima yaitu menchecklist kelengkapan-kelengkapan tarqiyah kita di bulan Ramadhan. Silakan masing-masing kita mengecek semua kelengkapan ini sudah siap atau belum, jika ada yang belum tersiapkan semoga di sisa-sisa hari Sya’ban ini bisa kita lengkapi sebaik-baiknya.

📌Checklist Kelengkapan Ramadhan📌

1. List target tarqiyah diri (baik dalam hal mafahim atau pun dalam hal ubudiyah)

Misal target tilawah/khatam Al Qur’an, Qiyamullail, hapalan Al Qur’an, shalat dhuha, shalat rawatib, target membaca buku (tentukan buku apa) dan lain-lain.

Pastikan list target ini telah definit dan kalau perlu ditempel di tempat yang sering kita lihat.

2. Rencana pola harian

Seringkali kita membuat target Ramadhan yang muluk atau fantastis, tapi kita terlupa merencanakan slot waktu pelaksanaannya dalam setiap harinya, sehingga setelah sekian hari Ramadhan target kita semakin tampak menjauh dari jangkauan.

Untuk itu, pastikan kita sudah punya rencana pola harian aktivitas selama Ramadhan.

Secara umum, saat Ramadhan pola harian kita akan berubah karena ada tambahan slot tarawih, sahur, dan Qiyamullail.

3. Tools tarqiyah

Pastikan semua tools yang diperlukan untuk tarqiyah diri selama Ramadhan sudah ada dan siap pakai sejak mulai masuk Ramadhan.

Contoh:

  • Buku yang ditargetkan untuk dibaca, pastikan kita sudah membelinya dan buku itu sudah siap dibaca. Jangan sampai kita baru mencari bukunya setelah Ramadhan datang.
  • Mukena yang akan dipakai saat tarawih, pastikan sudah kita cuci bersih dan siap pakai.
  • Dan tools-tools lainnya.

4. List doa 30 hari

Salah satu waktu utama yang Allah janjikan akan diijabahnya doa-doa kita adalah saat berbuka puasa.

Untuk itu, pastikan kita sudah me-list semua hajat dan keinginan-keinginan kita tanpa terlewatkan satu pun, baik hajat kecil atau pun besar, baik untuk pribadi kita, keluarga, da’wah, atau pun kaum mu’minin.

Jangan sampai waktu utama saat berbuka puasa kita lewatkan sekadarnya dan dengan doa yang “seingatnya”.

5. List infak Ramadhan

Kepada siapa atau kemana akan diberikan, berapa besarnya, dan kapan akan dikeluarkan, pastikan semuanya telah terencana dan tercatat dengan baik.

Bahkan, dana infaknya pun sebaiknya sudah kita siapkan di dalam amplop-amplop kecil dan diberi label, sehingga saat Ramadhan nanti kita tinggal mengeluarkannya.

Dijamin Insya Allah tidak akan ada cerita batal berinfak karena kehabisan uang atau terpakai oleh urusan yang lain.

Termasuk hadiah-hadiah yang akan kita berikan di bulan Ramadhan kepada tetangga/kerabat, usahakan telah dibeli dan disiapkan sejak sekarang, sehingga saat Ramadhan kita tidak perlu jalan-jalan keliling pasar/mall mencari hadiah lebaran tadi.

6. List kebiasaan baik yang akan dilatih ditumbuhkan di bulan Ramadhan

Tidak usah muluk-muluk, cukup 2 hal atau maksimal 3 hal saja, tapi benar-benar kita fokusi untuk dilatih dan dimuhasabahi setiap hari.

7. List kebiasaan buruk yang ingin dihilangkan/diredam

Sama seperti kebiasaan baik, cukup 2-3 hal saja, tetapi fokus.

8. Rencana i’tikaf 10 malam terakhir

Akan mulai kapan, di mana, dan rencana aktifitas selama i’tikaf sebisa mungkin disiapkan sejak sekarang.

👆 Itu di antara checklist-an kelengkapan Ramadhan yang perlu kita siapkan, ikhwahtifillah.. agar saat maghrib hari pertama Ramadhan datang, kita tinggal ‘derr’ saja beramal sesuai dengan yang direncanakan.. semoga waktu-waktu Ramadhan kita bisa lebih optimal. Aamiin.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s