Lafazh Aamiin

Lafazh “Aamiiin” ( آمين ) itu bukan bagian dari surah Al-Fatihah. Itu ucapan yang disunnahkan untuk dibaca setiap kita selesai membaca surah Al-Fatihah. Artinya: “kabulkanlah ya Allah”.
Karena bagian akhir surah Al-Fatihah memuat do’a, maka disunnahkan kita membaca Aamiiin setelahnya.

Sebagaimana lafazh aslinya ( آمين ), maka kalau di-latin-kan, tulisannya adalah dengan memanjangkankan “a” dan “min”. Kalau dalam transliterasi latin, tanda panjang itu bisa diberi kode atau di-double-kan hurufnya, sehingga menjadi: “Aamiiin”, atau “Aaamiiin”.

Tapi bisa jadi ada yang menuliskannya berbeda, seperti “amin”, “amiiin”, atau “amien”.
Jika terjadi demikian, namun maksud orang yang mengucapkan itu untuk meng-aminkan (memohon dikabulkan), maka yang maksud dalam hati itulah yang jadi patokan, bukan tulisan latin itu. Sebab transliterasi latin bukan lafazh yang sebenarnya, dan bisa terjadi perbedaan.

Jadi, kalau seseorang menulis “Amiiin”, tapi maksud/niatnya untuk minta dikabulkan, maka maksud hati itulah yg berlaku.

Kalau tulisan asli Arab-nya yang ditulis, barulah berlaku 4 macam perbedaan artinya yang pernah di-posting di sini itu. Itupun jika yang menulis/mengucapkan menyadari maknanya. Kalau tidak faham, maka yang berlaku adalah apa yang dimaksudkan hati.

 

Pertanyaan :
Tapi bacaan yang isinya doa-doa lain dalam shalat yang isinya permohonan (misalnya: Permohonan untuk dilindungi dari syaitan, kejahatan dan lain-lain) tidak diakhiri dengan Aamiin ya?

Jawaban :
Kalau ayat-ayat lain yang kita baca di dalam shalat, yang memuat do’a, boleh kita amin-kan di dalam hati, tapi tidak di-jaharkan (dikeraskan) suaranya, karena yang disunnahkan membaca Aamiin, hanyalah pada akhir surah Al-Fatihah, baik berjamaah maupun sendirian. Demikian petunjuk hadits-nya.

Secara umum kita disunnahkan ketika membaca Al-Quran, memohon rahmat Allah ketika berada pada ayat yang menerangkan rahmat, dan memohon perlindungan Allah ketika berada pada ayat yang menerangkan adzab.

 

*Dijelaskan oleh Ustadz Dr. Umar Al Haddad, MA (Qur’an Learning Center) tanggal 13 Juni 2015 di Group WA QLC

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s