Henna

Pertanyaan :
Saya lagi belajar desain untuk inai/henna, kalau gambar-gambar binatang apa termasuk tidak boleh ? Bentuknya hanya berupa ilustrasi yang abstrak, tidak betul-betul menyerupai hewannya.

Jawaban :
Tentang kebolehan memakai henna/inai bagi perempuan, sudah jelas kebolehannya, berdasarkan hadits-hadits yang masyhur dalam masalah ini. Dan dalam hal ini disyaratkan tidak sampai menimbulkan fitnah. Selain itu, karena henna/inai dipandang sebagai “perhiasan”, maka diperintahkan untuk melindunginya dari pandangan lelaki yang bukan mahram (QS. An-Nur : 31).

Adapun tentang pola motif henna/inai bagi kaum perempuan, yang dibolehkan di dalam Islam, umumnya adalah gambar-gambar yang tidak bertentangan dengan Syari’at, misalnya berbentuk bunga-bunga, tumbuh-tumbuhan, atau motif-motif lain yang tidak memuat ajaran yang bertentangan.

Sedangkan gambar-gambar hewan, manusia (makhluk yang bernyawa), atau gambar-gambar yang didewakan oleh orang kafir, dan lain sebagainya yang memuat gambar yang bertentangan dengan Syari’at, itu tidak dibolehkan.

Wallahu a’lam.

 

*Dijelaskan oleh Ustadz Dr. Umar Al Haddad, MA (Qur’an Learning Centre), tanggal 19 Juni 2016, via Group Whatsapp QLC.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s