Puasa Intinya Pengendalian Diri

Puasa, intinya “pengendalian diri”. Melalui ibadah puasa, kita dilatih mengendalikan diri untuk tidak melakukan segala hal yang membatalkan atau mengurangi nilai ibadah puasa. Dengan demikian, sebenarnya ibadah puasa memberikan pendidikan dan latihan terhadap jiwa kita, agar senantiasa memiliki sistem pengendalian diri dimanapun dan kapanpun kita berada.

Biasanya, setelah suatu proses latihan atau pendidikan, ada saatnya “ujian” (test). Nah, dalam konteks ibadah puasa, ujian terdekat keberhasilannya adalah saat malam hari, ketika kita telah diizinkan makan minum dan melakukan hal yang membatalkan puasa. Di sini kita diuji apakah tetap dapat mengendalikan diri atau tidak.

Ketika tiba malam hari (maghrib), kita dibolehkan makan minum dan melakukan hal lain yang membatalkan puasa (QS. Al-Baqarah : 187). Namun segala perbuatan buruk yang dilarang Allah tetaplah terlarang kapan dan dimanapun. Waktu dibolehkannya makan minum bukanlah pembolehan untuk kita melakukan hal-hal yang terlarang. Rasulullah SAW mengingatkan: “Siapa yang tidak meninggalkan perkataan kotor dan perbuatannya, maka Allah tidak butuh dia meninggalkan makan minumnya (puasanya).” (HR Bukhari).

Berlebih-lebihan atau berfoya-foya (israf) adalah termasuk perbuatan yang dilarang Allah (QS. Al-A’raf : 31). Orang-orang yang ber-mubazir (pemboros) disebut Al-Qur’an sebagai temannya syaithan, dan syaithan itu sangat ingkar kepada Tuhannya (QS. Al-Isra’ : 27).
Maka, amatlah disayangkan jika ada fenomena berlebih-lebihan dan kemubaziran yang ditunjukkan sebagian orang yang berpuasa ketika waktu berbuka tiba, atau saat makan sahur. Sesungguhnya hal tersebut justru bertolak belakang dengan makna puasa yang sebenarnya yang pada intinya mengajarkan pengendalian diri.

Wallahu a’lam.

 

*Dijelaskan oleh Ustadz Dr. Umar Al Haddad, MA (Qur’an Learning Centre), tanggal 17 Juni 2015, via Group Whatsapp QLC.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s