Waktu Maghrib

Pertanyaan :
Kapankah waktu yang disebut sudah masuk waktu berbuka puasa ? Karena saat bedug maghrib langit di Jakarta masih terang benderang, sedangkan kalau di Singapore/Amerika saat adzhan maghrib langit sudah gelap. Apa sudah betul puasa saya selama ini, yang langsung berbuka begitu adzan ?

Jawaban :
Waktu maghrib tiba ketika terbenam matahari. Terbenamnya matahari di sini maksudnya saat seluruh “piringan” matahari telah masuk ke bawah ufuk (horizon).
Tentu saja, ketika matahari telah masuk ke bawah ufuk, sisa sinarnya, masih terlihat menyinari langit, sehingga masih ada sinar yang menerangi. Tingkat terangnya itu, berbeda-beda dari waktu ke waktu mengikuti posisi matahari. Demikian menurut para ahli astronomi.
Maka, kita perhatikan, ada hari-hari tertentu, yang ketika maghrib tiba, masih kelihatan terang, padahal matahari telah memang benar terbenam. Tapi ada juga hari tertentu yang langit sudah agak gelap. Itu semua tergantung perbedaan posisi matahari.

Fenomena tersebut, sebenarnya berlaku di semua tempat

Jadi kalau ada beda tingkat terang langit saat matahari terbenam di beberapa tempat, itu biasa saja. Di Singapore/Amerika pun, ada waktu-waktu yang ketika maghrib, langit sangat terang, ada juga sudah agak gelap.

Yang pasti rumusan perhitungan waktu shalat yang telah diterbitkan para ahli Falak, yang tergabung atau melalui Badan Hisab Rukyat Kemenag, itu telah diyakini, dan bisa dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan waktu shalat yang dijelaskan dalam hadits-hadits shahih.

Sekedar untuk menjadi pengetahuan kita, khusus tentang waktu maghrib, ada perbedaan yang muncul dari golongan Syi’ah, dimana mereka berpandangan bahwa maghrib itu baru masuk setelah langit gelap (atau bintang bersinar). Ini berbeda dengan pendapat yang disepakati dalam Ahlis-Sunnah wal Jama’ah yang didasarkan pada hadits-hadits shahih, bahwa waktu Maghrib itu tiba ketika matahari terbenam.

Wallahu a’lam.

 

*Dijelaskan oleh Ustadz Dr. Umar Al Haddad, MA (Qur’an Learning Centre), tanggal 19 Juni 2015, via Group Whatsapp QLC.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s