Batasan Wajah Wanita

Pertanyaan :
Bagaimana batasan aurat wajah wanita, apakah sampai dagu ? Ada yang menyampaikan ini :
Ukhti.. Alafu, aku dapat amanah menyampaikan ini. Fiqih Sholat untuk wanita itu menutup tulang pipi hingga dagu, kalau tulang pipi/dagu yang merupakan aurat wanita kelihatan, maka sholatnya tidak sah. Ini Hukum Fiqih Syarat Sah atau Tidaknya Sholat, kalau syaratnya tidak sesuai, maka sholatnya tidak sah. Wallahu A’lam Bishawab.

Jawaban :
Yang dipersoalkan dalam pesan tersebut sepertinya soal batasan “wajah”. Adapun mengenai aurat wanita di dalam shalat, berdasarkan hadits-hadits yang ada, para ulama sepakat bahwa aurat wanita di dalam shalat adalah seluruh tubuhnya kecuali Wajah dan Telapak Tangan.

Adapun batasan wajah, menurut mayoritas ulama dari 4 mazhab, batas area wajah itu tingginya dimulai dari tempat permulaan tumbuhnya rumbut (secara normal) sampai ujung dagu. Sebagian kecil dari ulama Syafi’iyah berpendapat hingga bawah dagu. Sedangkan lebarnya adalah bagian di antara dua anak telinga.

Maka, jika disebutkan bahwa yang boleh terbuka di dalam shalat adalah wajah, maka berarti wajah dimaksud mengikuti batasan wajah yang dikemukakan itu. Seandainya untuk tujuan ihtiyath (hati-hati) lantas seseorang lebih mengecilkan batasan wajah tersebut, maka itu dibolehkan saja, tapi tidak dapat mempersempit pengertian wajah dari area yang dijelaskan.
Wallahu a’lam.

*Ihtiyath (lebih berhati-hati) adalah lebih baik.

 

*Dijelaskan oleh Ustadz Dr. Umar Al Haddad, MA (Qur’an Learning Centre), tanggal 4 Juli 2015, via Group Whatsapp QLC.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s