Surah Al Quran Yang Dibaca Wanita Hamil

Pertanyaan :
Kalau wanita sedang hamil sebaiknya membaca surah apa ? Selama ini pemahaman saya baca surat Yusuf dan Annisa, apa itu betul ?

Jawaban :

  • Bagi wanita yang sedang hamil, tetaplah rutin membaca Al-Qur’an sebagaimana lazimnya dianjurkan bagi setiap orang.
    Menurut para ahli, janin telah dapat mendengar pada usia kehamilan 3 atau 4 bulan, maka pada usia kehamilan tersebut, alangkah baiknya jika lebih diperdengarkan bacaan Al-Qur’an.
    Saya pernah mendapat penjelasan ilmiah, bahwa dengan memperdengarkan bacaan Al-Qur’an yang indah pada janin/bayi, juga dapat menghasilkan “manfaat” yang ingin dicapai melalui alunan musik klasik yang dianjurkan sebagian ahli.
  • Tidak ada keterangan yang jelas dalil-dalil nash (Al-Qur’an dan Sunnah) tentang pengkhususan surah tertentu untuk dibaca wanita hamil. Al-Quran semuanya mendatangkan pahala dan keberkahan. Jika ada pengkhususan pada surah-surah tertentu, maka itu harus didasarkan pada dalil nash.
  • Namun secara umum, kita boleh bermohon kepada Allah untuk mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat melalui amal baik yang kita lakukan. Membaca Al-Qur’an pastinya adalah termasuk amal baik. Maka dalam hal ini, boleh saja bagi wanita hamil, untuk bermohon dengan bacaan Al-Qur’an yang diamalkannya, berdoa kepada Allah semoga diberikan keringanan dalam mengandung, kemudahan dalam melahirkan, dan memperoleh anak yang sehat dan shalih.

Wallahu a’lam.

 

*Dijelaskan oleh Ustadz Dr. Umar Al Haddad, MA (Qur’an Learning Centre), tanggal 11 Agustus 2015, via Group Whatsapp QLC.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s