Patung Sebagai Lambang

Pertanyaan :
Bagaimana sudut pandang Islam mengenai Perguruan Tinggi yang memakai lambang patung-patung Hindu. Apakah boleh umat muslim kuliah di tempat itu ?

Jawaban :

  • Sebenarnya bagi kaum muslimin, menggunakan patung sebagai lambang itu tidak baik, dan jika dimaksudkan untuk mengkultuskannya, itu bisa menjadi syirik.
  • Namun yang kita pahami, pemilihan patung sebagai lambang sebagian perguruan tinggi negeri, bukanlah untuk pengkultusan atau pemujaan terhadap patung-patung tersebut, melainkan hanya sebagai simbol nilai-nilai universal dari budaya Indonesia, seperti keberanian, kejujuran, tanggung jawab, ilmu pengetahuan dan sebagainya.
  • Memang untuk menunjuk pada nilai-nilai tersebut sebenarnya tidak harus dengan patung. Kita tidak tahu kenapa patung yang dipilih, mungkin karena pengaruh sinkretisme dalam sejarah Indonesia. Dugaan saya, karena penentuan lambang-lambang tidak dalam kuasa tokoh-tokoh muslim didalamnya.
  • Maka, karena simbol patung pada lembaga tersebut digunakan bukan untuk pengkultusan dan pemujaan, maka tidaklah mengapa kita berada, belajar dan bekerja di lembaga tersebut.
  • Menurut para ulama, kalaupun ada patung di suatu tempat, kitapun tidak terhalang untuk tetap menjalankan ajaran agama kita di tempat tersebut, karena kita tidak sedikitpun mengaitkan ibadah kita dengan keberadaan patung itu. Hanya saja, makruh hukumnya jika patung sesembahan orang kafir berada di depan/kiblat kita saat sedang shalat, sebab hal tersebut dianggap menyerupai ibadah orang kafir.

Demikian. Wallahu a’lam.

 

*Dijelaskan oleh Ustadz Dr. Umar Al Haddad, MA (Qur’an Learning Centre), tanggal 26 Agustus 2015, via Group Whatsapp QLC.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s