Orang Kafir Sebagai Pemimpin

Pertanyaan :
Saya ingin menanyakan definisi larangan menjadikan orang kafir sebagai pemimpin.

Misalkan dalam suatu instansi/perusahaan dipimpin/dimiliki oleh orang kafir. Apakah haram hukumnya bagi seorang Muslim bekerja di instansi/perusahaan tersebut ?

Jawaban :
Yang dimaksud larangan menjadikan orang kafir sebagai pemimpin, adalah dalam hal Kepemimpinan Umum (wilaayah ‘aammah), yang didalamnya kita memberi kepercayaan kepadanya untuk mengatur tatanan kehidupan kita, termasuk di dalamnya perkara-perkara agama.
Dalam konteks ini, kita fahami, kepemimpinan umum itu adalah kepemimpinan pemerintahan (ulil amri) atau lainnya yang cakupannya semisal itu. Jadi disini termasuk posisi Presiden, Gubernur, Walikota/Bupati dan sebagainya yang kita diberikan hak untuk menentukan (memilih). Hal ini sebuah keniscayaan, karena kepemimpinan umum itu merupakan bagian dari tugas menjalankan fungsi kekhalifahan yang diamanahkan Allah untuk memakmurkan kehidupan manusia dibawah keridhaan Allah SWT, maka yang dapat menjalankan tugas tersebut hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah SWT.

Adapun kepemimpinan khusus dalam urusan dunia yang mubah, seperti pekerjaan, maka tidak mengapa kita menjadikan orang kafir sebagai pemimpin, misalnya bekerja di perusahaan orang kafir, boleh saja asal pekerjaannya mubah (boleh/halal). Ini sama dengan kebolehan kita untuk bermu’amalah, bergaul, berbisnis dan berhubungan baik dengan orang-orang kafir yang dzimmi (yang tidak memerangi kaum muslimin).

Wallahu a’lam.

 

*Dijelaskan oleh Ustadz Dr. Umar Al Haddad, MA (Qur’an Learning Centre), tanggal 28 Maret 2016, via group Whatsapp QLC.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s