Bertabarruk (Mencari Barakah)

Silsilah Ilmiyyah 1 : Belajar Tauhid
Halaqah ke 08

 

Barokah adalah banyaknya kebaikan dan langgengnya.
Allah SWT adalah zat yang berbarokah artinya banyak kebaikannya.

Allah SWT berfirman :
Dan Allah adalah zat yang memberikan keberkahan atau kebaikan kepada sebagian mahluk-Nya sehingga mahluk tersebut menjadi mahluk yang berbarokah dan banyak kebaikannya.

Allah SWT berfirman :
Sesungguhnya rumah yang pertama yang Allah letakkan bagi manusia untuk beribadah adalah yang ada di Mekah yang berbarokah dan petunjuk bagi seluruh alam.

Ka’bah diberikan barokah oleh Allah SWT dan cara mendapatkan barokahnya, kebaikannya adalah dengan melakukan ibadah di sana.

Allah berfirman :
Sesungguhnya kami telah menurunkan Al Qur’an pada malam yang berbarokah. Sesungguhnya kami memberikan peringatan.

Malam lailatul qadr adalah malam yang berbarokah dan cara mendapatkan barokahnya dan juga kebaikannya adalah dengan melakukan ibadah di malam tersebut.

Seorang ulama berbarokah dengan ilmunya dan juga dakwahnya, cara mencari keberkahannya dan juga kebaikannya adalah dengan menimba ilmu dari ulama tersebut.

Disana ada barokah yang sifatnya zatiyah yaitu zatnya berbarokah, dimana barokah seperti ini bisa berpindah.
Barokah jenis ini hanya Allah berikan kepada para nabi dan juga rasul. Oleh karena itu dahulu para sahabat Nabi SAW bertabarruk dengan bekas air wudhu Nabi SAW, rambut beliau, keringat beliau dan lain-lain.

Sepeninggal beliau SAW, mereka tidak melakukan hal ini kepada Abu Bakar dan Umar dan para sahabat yang lain. Dan ini menunjukkan bahwasanya ini adalah kekhususan para nabi dan juga para rasul.

Meminta barokah hanya kepada Allah dan dengan cara yang disyariatkan. Adapun meminta barokah dari Allah dengan sebab yang tidak disyariatkan seperti dengan mengusap dinding mesjid tertentu atau mengambil tanah kuburan tertentu dan lain-lain, maka ini termasuk syirik kecil.

Semoga Allah SWT memberkahi kita dan keluarga kita.

 

*Disampaikan oleh Ustadz Abdullah Roy, MA., Rabu 18 Sya’ban 1437 H/25 Mei 2016, via WhatsAPP Group HSI (Halaqah Silsilah Ilmiyyah).

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s