Termasuk Syirik Bernadzar Untuk Selain Allah

Silsilah Ilmiyyah 1 : Belajar Tauhid
Halaqah ke 10

 

Bernadzar untuk Allah adalah seseorang mengatakan misalnya, wajib bagi saya melakukan ibadah ini dan itu untuk Allah bila terlaksana hajat saya.

Bernadzar adalah ibadah dan sebuah bentuk pengagungan. Karenanya bernadzar ini tidak diperkenankan kecuali untuk Allah SWT semata. Seperti seseorang bernadzar untuk Allah akan berpuasa satu hari bila lulus ujian, atau bernadzar untuk Allah SWT akan mengadakan umroh bila sembuh dari penyakit dan lain-lain.

Allah SWT berfirman :
“Dan apa yang kalian infaqkan atau yang kalian nadzarkan maka sesungguhnya Allah SWT mengetahuinya.”

Allah Ta’ala mengabarkan bahwasanya Allah mengetahui nadzar para hamba-Nya di dalam ayat ini dan akan membalas dengan balasan yang baik.

Ini menunjukkan bahwa nadzar adalah ibadah yang seorang muslim akan diberikan pahala atas nadzar tersebut, dan menunaikan nadzar apabila dalam ketaatan hukumnya adalah wajib.

Berdasarkan firman Allah SWT :
“Dan supaya mereka menunaikan nadzar-nadzar mereka.”

Dan sabda Nabi SAW :
“Barangsiapa yang bernadzar untuk mentaati Allah SWT maka hendaklah menaatinya, dan barangsiapa yang bernadzar untuk memaksiati Allah maka janganlah dia memaksiati-Nya” (Hadits Riwayat Al Bukhori).

Bernadzar untuk selain Allah termasuk syirik besar yang mengeluarkan seseorang dari Islam. Seperti seseorang bernadzar apabila sembuh dari penyakit maka akan menyembelih untuk Wali Fulan atau berpuasa untuk Syah Fulan, dan lain-lain.

 

*Disampaikan oleh Ustadz Abdullah Roy, MA., Juma’at 20 Sya’ban 1437 H/27 Mei 2015, via Whatsapp Group HSI (Halaqah Silsilah Ilmiyyah).

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s