Pentingnya Mengenal Allah, Rasulullah dan Agama Islam

Silsilah Ilmiyyah 2 : Mengenal Allah
Halaqah ke 1

 

Imam Ahmad rahimahullah telah mengeluarkan di dalam musnadnya sebuah hadits yang asalnya ada di dalam Shahih Muslim, yang isinya bahwa setiap manusia apabila telah dikuburkan maka akan ditanya oleh dua orang malaikat tentang tiga perkara :

Siapa Tuhanmu ?
Siapa Nabimu ?
Dan apa agamamu ?

Oleh karena itu, kewajiban seorang muslim dan juga muslimah untuk mempersiapkan diri. Dan perlu diketahui bahwasanya untuk menjawab pertanyaan tersebut tidak cukup dengan menghafal. Sebab, seandainya menghafal itu cukup, niscaya orang munafiq bisa menjawab pertanyaan.

Tapi perkaranya disini, kaum muslimin perlu pemahaman dan juga pengamalan. Barangsiapa di dunia, dia mengenal Allah dan memenuhi hak-Nya, mengenal Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dan memenuhi haknya, mengenal agama Islam dan mengamalkan isinya, maka diharapkan dia bisa menjawab pertanyaan dengan baik, dan mendapatkan kenikmatan di dalam kuburnya.

Namun apabila dia tidak mengenal siapa Allah dan tidak memenuhi hak-Nya, tidak mengenal Nabi Muhammad SAW dan juga tidak memenuhi haknya, tidak atau kurang mengenal ajaran Islam dan tidak mengamalkannya, maka ditakutkan dia tidak bisa menjawab pertanyaan. Akibatnya, siksa kubur yang akan dia dapatkan.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memudahkan kita, keluarga kita dan orang-orang yang kita cintai untuk bisa mengenal Allah, mengenal Nabi Muhammad SAW dan juga mengenal agamanya.

 

*Disampaikan oleh Ustadz Abdullah Roy, MA., Senin 26 Dzulqa’dah 1437 H/29 Agustus 2016, via WhatsApp Group HSI (Halaqah Silsilah Ilmiyyah).

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s